Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Warga Desa Makmur Belajar Mengolah Sampah Menjadi Barang Berharga


 



Pangkalan kerinci. Menara Riau.Com- Warga Desa Makmur, Pangkalan Kerinci belajar mengolah sampah rumah tangga menjadi barang bernilai jual tinggi bersama Bank Sampah Permata Bunda pada Kamis (14/7) di Desa Makmur.


Pelatihan Pengolahan Sampah tersebut difasilitasi oleh Comunity Development PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang mendampingi Desa Makmur menuju Desa Program Iklim (Proklim).


Zamzuli, perwakilan dari tim CD RAPP yang berada di lokasi pelatihan menyampaikan bahwa program pelatihan sampah diberikan  kepada warga Desa Makmur agar warga bisa memilah sampah organik dan non-organik dan menjadikan sampah rumah tangga menjadi barang yang mempunyai nilai jual. 



"ProKlim merupakan kegiatan yang memadukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dengan melibatkan peran aktif masyarakat. RAPP memberikan pendampingan di Desa Makmur ini sudah sejak tahun 2006, tahun ini kami mengajukan Desa Makmur menjadi Desa Proklim ke KLHK karena sudah memenuhi persyaratan menjadi Desa Proklim" tambah Zamzuli.


Gusti Dupan Chaira, Direktur Bank Sampah Permata Bunda menjadi narasumber pada pelatihan tersebut. Gusti menyampaikan bahwa pengolahan sampah bekas menjadi barang berharga dan memiliki nilai jual yang bisa membantu perekonomian masyarakat Desa makmur Dusun Barat.


"Harapan kami kedepan warga Desa Makmur bisa menjadi contoh bagai warga di desa lain. Program pengolahan sampah di tingkat rumah tangga juga akan membantu mewujudkan Pelalawan bersih" ucapnya di sela-sela pelatihan.


Dan kegiatan ini turut di hadiri Sekretaris Desa Makmur Dede Suryadi, Perwakilan RAPP, RW 03 Desa Makmur, Pak Kadus Desa Makmur, Beberapa Ibu Ibu Desa Makmur Serta Para Mahasiswa dari Uni persitas Riau yang sedang KKN di Desa Makmur Pangkalan Kerinci.


Acara dimulai dari jam 9.45 WIB dengan materi praktek pengolahan barang bekas seperti koran menjadi pot bunga, tas laundry, wadah minuman, dll.


Kepala Desa Makmur Suwardi menyampaikan harapan agar pelatihan ini bisa meningkatkan rasa kepedulian warga terhadap sampah.


"Mewakili warga Desa Makmur, kami berterimakasih kepada pihak management RAPP dan tim dari bank sampah yang sudah mau berpartisipasi mensosialisasikan ini ke pada warga masyarakat Desa Makmur 

Kiranya lewat pelatihan ini masyarakat makin peduli dengan lingkungan dan kiranya bisa meningkatan ekonomi warga masyarakat Desa Makmur" harapnya saat dijumpai di lokasi pelatihan.

(A.Lubis)

Baca Juga

iklan