Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Politeknik Negeri Bengkalis adakan Workshop Dorong Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas Produk untuk dan Tembus Pasar Ekspor

 



Bengkalis- MenaraRiau.com-Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) bersama dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR) melalu program Maching Fund tahun 2023 memberikan dukungan berupa peningkatan kapasitas Produk berstandar ekspor kecamatan mandau melalui kegiatan “Workshop Peningkatan Kualitas Produk bertandar ekspor” di surya hotel pada tanggal 14-15 Oktober. Kegiatan Dihadiri oleh 100 UMKM Binaan Pertamina Hulu Rokan yang ada di Mandau





Husni Mubarak, ketua Tim Kegiatan Maching Fund, menjelaskan bahwa program ini adalah bagian integral dari Program MF tahun 2023 yang berjudul "Inovasi Produk Berkualitas Ekspor Melalui Teknologi Digital dan Peningkatan Kapasitas Produksi Menuju UMKM Mandiri di Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis." Diharapkan program ini akan memberikan kontribusi besar dalam memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat setempat, meningkatkan mutu produk UMKM, melebarkan pasar mereka, serta memperkenalkan teknologi canggih yang dapat meningkatkan kapasitas produksi produk-produk berkualitas.


Kepala P3M Polbeng, M. Afridon, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Maching Fund (MF) bukan semata-mata program bantuan. Ini adalah bentuk kerja sama dan kemitraan yang erat antara PHR dan Polbeng, dengan dukungan dana padanan dari Kemendikbud. Bantuan yang diberikan mencakup peralatan, pelatihan, dan pendampingan bagi UMKM yang tersebar di Rokan Hilir dan Mandau.


Workshop ini menghadirkan narasumber dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Bengkalis. Ariyadi Permana Hamdani, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, berbicara tentang produk-produk yang memenuhi standar ekspor. Sementara Iwan Kurniawan, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, menjelaskan prosedur ekspor melalui Bea dan Cukai. Hendra Dermawan, Pemilik Rumah Tamadun, memberikan motivasi kepada para pelaku usaha UMKM, mendorong mereka untuk mengukir prestasi di pasar global. Dia menekankan perlunya persiapan yang matang, termasuk aspek legalitas, mental, komitmen, dan tentu saja, kualitas produk


Peserta workshop terlihat sangat antusias dan aktif dalam sesi tanya jawab seputar ekspor. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian sertifikat dan cendra hati dari Tim Maching Fund Kepada narasumber dan peserta. Acara ditutup dengan sesi foto bersama narasumber, panitia, dan Peserta memperkuat semangat kolaborasi yang telah terjalin dalam upaya mengangkat UMKM Mandau ke level global.

Rilis

Baca Juga

iklan